PRODI EKONOMI HINDU (S1)

Kaprodi: I Kadek Dwi Santika, M.Sn

Akreditasi: Download di sini

Visi: 

“Menjadi Program Studi Ekonomi yang menghasilkan lulusan unggul dan kompetitif dalam bidang ilmu ekonomi yang berjiwa entrepreneur dan berwawasan global berbasis kearifan lokal pada tahun 2026”

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ekonomi yang berorientasi pada jiwa entrepreneurdalam mengembangkan potensi ekonomi umat berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ekonomi berwawasan global.
  3. Mengembangkan kerjasama mutual dengan berbagai lembaga baik skala regional, nasional, maupun internasional dalam bidang Ekonomi.
  4. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang transparan dan akuntabel.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif di bidang ekonomi yang memiliki berjiwa entrepreneur dan berwawasan global.
  2. Menghasilkan penelitian dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ekonomi.
  3. Terjalinnya kerjasama akademik dan non akademik dengan berbagai lembaga untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ekonomi.
  4. Terwujudnya tata kelola program studi yang transparan dan akuntable.

Sasaran:

Untuk mencapai visi dan misi Program Studi diperlukan sasaran yang akan dicapai yang ditempuh melalui pengembangan tata pamong dan leadership, kemahasiswaan, sumber daya manusia, kurikulum, pendanaan, sarana prasarana, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerjasama.

Strategi dasar program studi Ekonomi Hindu memiliki sasaran sehingga mampu mengenali, mengamati, dan penalaran serta melakukan pendekatan terhadap berbagai permasalahan sesuai bidang ilmu ekonomi, memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan yang cukup untuk program pendidikan lanjutan (S2 dan S3), mampu mengutarakan jalan pikirannya dalam karya ilmiah sesuai bidang, dan mampu menciptakan lulusan dengan kualifikasi jiwa Ekonomi berwawasan global, dengan upaya yang akan dilaksanakan dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan adalah dengan cara meningkatkan berbagai aspek dengan kebutuhan prodi.

Profil Lulusan:

No. Profil Lulusan Deskripsi Profil Kode
1 Analisis Ekonomi Analis ekonomi mempunyai kemampuan ekonomi secara baik sehingga dapat mengambil kebijakan ekonomi sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Lulusan ini dapat bekerja sebagai analisis bisnis, dan manajemen ekonomi lingkup mikro maupun makro. PL 1
2 Auditor Internal dan Konsultan Ekonomi Internal auditor mempunyai kemampuan profesional untuk melakukan penilaian atau atestasi secara internal terhadap informasi   keuangan dan efisiensi serta efektivitas perusahaan dengan mempertimbangkan karakteristik organisasi dan risiko usaha. Internal auditor diharapkan dapat menjalankan fungsi atestasi dan konsultasi. Lulusan ini dapat bekerja sebagai internal auditor atau sejenis dalam suatu organisasi. PL 2
3 Pengusaha Memiliki kemampuan menerapkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan dan mengembangkan peluang bisnis (Entrepreneur). PL 3
4 Peneliti Lulusan memiliki tingkat pendidik yang tinggi, menguasai pengetahuan bisnis dan manajemen serta teknologi dan informasi, serta mampu mengembangkan pengetahuannya melalui penelitian dan mampu menghasilkan temuan-temuan penelitian dalam pengembangan inovasi ekonomi. PL 4

Capaian Pembelajaran:

 

Capaian Pembelajaran
CPL Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan.
CPL Ketrampilan Umum
KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuia dengan bidang keahliannya.
KU 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggah dalam halaman perguruan tinggi.
KU 4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian  masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU 6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing,  kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU 7 Mampu bertanggungjawab atas  pencapaian hasil kerja kelompok dan  melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi.
CPL Penguasaan Pengetahuan
PP 1 Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang perencanaan, prosedur, dan pelaporan ekonomi.
PP 2 Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:

a)      Kerangka penyusunan laporan  perkembangan ekonomi

b)      Kebijakan dan prinsip-prinsip ekonomi

c)      Pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan elemen-elemen  dalam pelaporan ekonomi

PP 3 Menguasai konsep teoritis secara  mendalam tentang:

a)      Penghitungan dan pengendalian ekonomi  produk dan jasa

b)      Perencanaan dan penganggaran

c)      Manajemen berbasis aktivitas

d)      Pengukuran dan pengendalian kinerja

PP 4 Menguasai konsep teoritis secara umum dan manajemen kualitas
PP 5 Memahami etika bisnis dan kode etik  profesi ekonomi
PP 6 Menguasai konsep, prinsip, dan teknik

a)      Analisis ekonomi

b)      Peluang Bisnis, biaya modal, dan  pembiayaan

c)      Kebutuhan modal kerja

d)      Analisis BEP

PP 7 Menguasai prinsip-prinsip investasi pada  aset keuangan
PP 8 Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang kebutuhan informasi untuk pengambilan keputusan
PP 9 Menguasai teknik, prinsip, dan pengetahuan prosedural tentang penggunaan teknologi informasi
PP 10 Menguasai konsep dan peraturan perekonomian dan hukum bisnis
PP 11 Menguasai konsep dan prinsip ilmu     ekonomi
PP 12 Menguasai konsep dan prinsip tentang

a)      Organisasi

b)      Tata kelola

c)      Manajemen risiko

d)      Manajemen strategi

e)      Pengendalian internal

f)       Lingkungan bisnis

CPL Ketrampilan Khusus
KK 1 Mampu secara mandiri menyusun kertas kerja audit melalui pengumpulan dan pengikhtisaran bukti audit, dan berkontribusi dalam tim untuk mengevaluasi bukti audit atas laporan keuangan entitas komersial sesuai dengan standar audit dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam audit atas laporan perkembangan ekonomi.
KK 2 Mampu berkontribusi dalam tim untuk menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan ekonomi untuk menentukan bidang bisnis dan pasar yang sedang menjadi trens dalam kehidupan sekarang.
KK 3 Mampu secara mandiri menyusun laporan hasil analisis atas informasi ekonomi dan bisnis serta pengungkapan terkait yang relevan dan andal untuk pengambilan keputusan manajerial dengan menerapkan  teknik dan metode analisis ekonomi dan bisnis.
KK 4 Mampu berkontribusi dalam tim untuk menyusun laporan investasi dan pendanaan, yang meliputi laporan kebutuhan kas dan modal kerja, proforma laporan keuangan, laporan penganggaran modal yang relevan untuk pengambilan keputusan keuangan dan investasi dengan mengaplikasikan teknik manajemen keuangan dan investasi secara mandiri.
KK 5 Mampu secara mandiri menyusun dan menganalisis laporan ekonomi manajemen, meliputi perencanaan, pengendalian kualitas, pengukuran kinerja, dan benchmarking, yang relevan dan andal dalam mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian manajemen dengan menerapkan teknik-teknik ekonomi manajemen.
KK 6 Mampu secara mandiri mendesain proses bisnis dalam suatu sistem informasi yang mendukung penyediaan informasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung pengendalian manajemen dan pengambilan keputusan organisasi dengan menggunakan pendekatan siklus pengembangan sistem.
KK 7 Mampu secara mandiri menyusun laporan kewajiban perpajakan baik untuk wajib pajak individu maupun badan dengan cara menghitung dan melakukan rekonsiliasi perpajakan sesuai perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Kurikulum:

DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER

No. No Urut Dalam Semester Mata Kuliah Kode MK SKS Muncul Dalam Semester
1. 1. Agama NAS 001 2 I
2. 2. Pancasila NAS 002 2 I
3. 3. Kewarganegaraan NAS 003 2 I
4. 4. Bahasa Indonesia NAS 004 2 I
5. 5. Bahasa Jawa INS 005 2 I
6. 6. Weda INS 001 2 I
7. 7. Bahasa Inggris Bisnis EKH 001 2 I
8. 8. Pengantar Bisnis EKH 003 3 I
9. 9. Pengantar Akuntansi EKH 004 3 I
Jumlah SKS 20  
 
10. 1. Statistika Ekonomi dan Bisnis EKH 005 3 II
11. 2. Ekonomi Mikro EKH 006 3 II
12. 3. Pengantar Manajemen EKH 007 2 II
13. 4. Susila INS 003 2 II
14. 5. Acara Agama Hindu INS 004 2 II
15. 6. Aplikasi Analisis Kuantitatif EKH 008 3 II
16. 7. Sistem Ekonomi EKH 009 2 II
17. 8. Kewirausahaan EKH 010 2 II
18. 9. Ekonomi Publik EKH 011 2 II
19. 10. Matematika Ekonomi dan Bisnis EKH 002 3 II
Jumlah SKS 24  
 
20. 1. Ekonomi Makro EKH 012 3 III
21. 2. Bisnis Internasional EKH 013 2 III
22. 3. Tattwa INS 002 2 III
23. 4. Etika Bisnis dan Profesi EKH 014 2 III
24. 5. Ekonomi Sumberdaya Manusia EKH 015 2 III
25. 6. Komunikasi Bisnis EKH 016 2 III
26. 7. Ekonomi Pembangunan EKH 017 2 III
27. 8. Pengauditan EKH 018 3 III
28. 9. Manajemen Perusahaan EKH 019 2 III
29. 10. Perekonomian Indonesia EKH 020 2 III
Jumlah SKS 22  
 
30. 1. Visualisasi Data EKH 021 3 IV
31. 2. Pengambilan Keputusan EKH 022 2 IV
32. 3. Pengantar Hukum Bisnis EKH 023 3 IV
33. 4. Sistem Informasi Ekonomi EKH 024 2 IV
34. 5. Pemodelan Keuangan EKH 025 3 IV
35. 6. Simulasi Bisnis EKH 026 3 IV
36. 7. Teori Portofolio EKH 027 3 IV
37. 8. Analisis Investasi EKH 028 3 IV
38. 9. Metode Penelitian Kualitatif EKH 032 2 IV
Jumlah SKS 24  
 
39. 1. Koperasi dan UMKM EKH 029 3 V
40. 2. Strategi dan Manajemen Kinerja Organisasi EKH 030 3 V
41. 3. Analisa Laporan Keuangan EKH 031 3 V
42. 4. Metode Penelitian Kuantitatif EKH 033 2 V
43. 5. Manajemen Operasional dan Pemasaran EKH 034 3 V
44. 6. Sistem Informasi Manajemen EKH 035 2 V
45. 7. Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Resiko EKH 036 3 V
46. 8. Analis dan Valuasi Bisnis EKH 037 3 V
Jumlah SKS 22  
 
47. 1. Akuntasi Keberlanjutan EKH 038 3 VI
48. 2. Manajemen Perbankan EKH 039 3 VI
49. 3. Praktik Pengalaman Lapangan EKH 040 3 VI
50. 4. Ekonomi Kreatif EKH 041 3 VI
51. 5. Ekonomi Keperilakuan EKH 042 3 VI
52. 6. Ekonomi Pariwisata dan Budaya EKH 043 3 VI
53. 7. Seminar Proposal Penelitian EKH 044 2 VI
54. 8. Teknik Penulisan Karya Ilmiah EKH 047 2 VI
Jumlah SKS 22  
 
55. 1. Kuliah Kerja Nyata (KKN) EKH 045 4 VII
56. 2. Nitisastra EKH 046 2  
Jumlah SKS 6  
 
57. 1. Skripsi EKH 048 6 VIII
Jumlah SKS 6  
 
Jumlah Total SKS Semester Ganjil 76  
Jumlah Total SKS Semester Genap 70  
Jumlah Total SKS 146