Pendidikan Guru PAUD S1

Kaprodi: Gatot Wobowo, S.Ag., M.Pd.H

Akreditasi: Download di sini

Visi:

Menjadikan Pelopor dan Unggul dalam menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Hindu yang berbasis keraifan lokal pada tahun 2025

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran PGPAUD yang berkualitas melalui pengintegrasian nilai-nilai luhur dan berkarakter dalam pembelajaran yang inovatif berorientasi pengembangan ketrampilan profesional yang berbasis kearifan lokal
  2. Melaksanakan penelitian, mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai disiplin ilmu Pendidikan Anak Usia Dini Hindu yang berguna bagi kepentingan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Hindu untuk membantu memecahkan permasalahan PGPAUD di masyarakat.
  4. Melaksanakan networking dan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga terkait dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini.

Tujuan:

Tujuan Umum:

Penguasaan pengetahuan dan pemahaman bidang ilmu dan ketrampilan khusus serta sikap akademik dan kemandirian lulusan, sesuai dengan visi dan misi.

Tujuan Khusus:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan, mengajar, mendidik, mengembangkan dan mengelola pendidikan Anak Usia Dini di lembaga Pendidikan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam Pendidikan Anak Usia Dini Hindu berdasarkan hasil analisis dan penelitian di bidang pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalin kerjasama dengan bidang profesi Guru PAUD dalam mengembangkan kemampuan akademik dan profesional di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

Profil Lulusan:

No. Profil Lulusan Deskripsi Profil Kode
1 Sebagai Pendidik Profesional Anak Usia Dini (PAUD). Menjadi Pendidik Anak Usia Dini di Sekolah/Pasramandan Sekolah Luar Biasa tingkat Pra SD, berkepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di  bidang PGPAUD, serta mampu menerapkan dan melaksanakan proses kegiatan belajar dan mengajar. PL 1
2 Sebagai Supervisor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Menjadi pengawas dan mengarahkan PAUD yang menguasai berbagai metode administrasi dengan kepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di  bidang PGPAUD. PL 2
3 Sebagai Pengelola Tempat Penitipan Anak (TPA) Menjadi pengelola dan pemimpin pada lembaga Pendidikan Pra Sekolah Dasar menerapkan prinsip Tri Kaya Parisudha yang berkepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang PAUD. PL 3

 

Capaian Pembelajaran (CPL):

Dengan demikian capaian pembelajaran bagi para peserta didik pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) STHD Klaten sebagai berikut :

Capaian Pembelajaran
CPL Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, perjuangan, dan kewirausahaan.
S11 Memperkuat karakter dengan memanfaatkan nilai kearifan lokal.
CPL Ketrampilan Umum
KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggah dalam halaman perguruan tinggi.
KU 4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiantersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam lamanperguruantinggi.
KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU 6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU 7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi.
CPL Penguasaan Pengetahuan
PP 1 Menguasai konsep dasar teoritik dan pengetahuan dalam bidang ilmu Pendidikan Anak Usia Dini;
PP 2 Menguasai konsep dasar pedagogi  dan adragogi serta pengetahuan bidang studi yang terkait dengan lingkup tugasnya sebagai pendidik Anak Usia Dini;
PP 3 Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi berbagai metode pembelajaran inovatif  dan kreatif khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) dalam pendidikan anak usia dini;
PP 4 Menguasai prinsip, konsep dan teknik perencanaan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
CPL Ketrampilan Khusus
KK 1 Mampu mengelola pembelajaran berdasarkan kemampuan pedagogik dan andragogi terkait dengan lingkup pembelajaran dan pendidikan Anak Usia Dini;
KK 2 Mampu mendesain pembelajaran yang  saintifik, inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan dan memotivasi baik kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini;
KK 3 Mampu mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
KK 4 Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, spiritual, patriotisme, dan objektif dalam menjalankan swadharmanya;
KK 5 Berkomunikasi secara efektif, empatik, santun dan tidak diskriminatif dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat;
KK 6 Mampu menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga dan percaya diri;
KK 7 Mampu menggali, mengelola dan mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran;
KK 8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiat

Kurikulum:

 

No. No. Urut Dalam Semester Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS Muncul Pada Semester
1 1 Agama Hindu NAS001 2 1
2 2 Pancasila NAS002 2 1
3 3 Pendidikan Kewarganegaraan NAS003 2 1
4 4 Bahasa Indonesia NAS004 2 1
5 5 Weda INS001 2 1
6 6 Tattwa INS002 2 1
7 7 Susila INS003 2 1
8 8 Acara Agama Hindu INS004 2 1
9 9 Bahasa Jawa INS005 2 1
10 10 Konsep Dasar Paud PAUD.1.001 2 1
Sub Total SKS 20
11 1 Kurikulum dan Pembelajaran PAUD.2.002 2 2
12 2 Supervisi Paud PAUD.2.003 3 2
13 3 Strategi Pengembangan PAUD PAUD.2.004 3 2
14 4 Psikologi Pengembangan PAUD.2.005 3 2
15 5 Pengelolaan Lingkungan Belajar PAUD.2.006 3 2
16 6 Pembinaan Profesi Pendidik Anak Usia Dini PAUD.2.007 2 2
17 7 Pengembangan Profesi Pendidik Anak Usia Dini PAUD.2.008 3 2
18 8 Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini PAUD.2.009 3 2
Sub Total SKS 22

 

19 1 Metode Pembelajaran Anak Usia Dini PAUD.2.010 3 3
20 2 Metode Bercerita PAUD.2.011 3 3
21 3 Evaluasi Pembelajaran PAUD PAUD.2.012 3 3
22 4 Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini PAUD.2.013 3 3
23 5 Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini PAUD.3.014 3 3
24 6 Bermain dan Permainan Anak Usia Dini PAUD.3.015 3 3
25 7 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus PAUD.3.016 3 3
26 8 Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Dini PAUD.3.017 2 3
Sub Total SKS 23
27 1 Permasalahan dan Bimbingan Anak Usia Dini PAUD.3.018 3 4
28 2 Model-model PAUD PAUD.4.019 3 4
29 3 Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini PAUD.4.020 3 4
30 4 Bahasa Inggris PAUD.4.021 2 4
5 Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak PAUD.3.022 3 4
31 6 Filsafat Pendidikan PAUD.4.023 2 4
32 7 Pendidikan Seni Rupa PAUD.4.024 3 4
33 8 Statistik Pendidikan PAUD.4.025 3 4
Sub Total SKS 23
34 1 Pendidikan Seni Tari PAUD.4.026 3 5
35 2 Mikro Teaching PAUD.4.027 3 5
36 3 Itihasa PAUD.4.028 3 5
37 4 Yoga PAUD.4.02 2 5
38 5 IPS Untuk Anak Usia Dini PAUD.4.030 3 5
39 6 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan PAUD.5.031 3 5
40 7 Pembelajaran Seni Suara dan Musik PAUD.5.032 3 5
41 8 Sains Dasar PAUD.5.033 3 5
Sub Total SKS 23
42 1 Bahasa Sansekerta PAUD.5.034 3 6
43 2 Dharmagita PAUD.5.035 3 6
44 3 TIK PAUD.5.036 2 6
45 4 Evaluasi Pendidikan PAUD.5.037 3 6
46 5 Metode Penelitian Kualitatif PAUD.5.038 2 6
47 6 Metode Penelitian Kuantitatif PAUD.5.039 2 6
48 7 PPL PAUD.6.040 3 6
49 8 Manajemen Pendidikan PAUD.6.041 2 6
Sub Total SKS 20
50 1 Kewirausahaan PAUD.6.042 2 7
51 2 Tehnik Penulisan Karya Ilmiah PAUD.6.043 2 7
52 3 Seminar Proposal Penelitian PAUD.6.044 2 7
53 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) PAUD.7.045 4 7
Sub Total SKS 10
54 1 Skripsi PAUD.8.046 6 8
Sub Total SKS   6
Jumlah Total SKS Semester Ganjil 76
Jumlah Total SKS Semester Genap 70
Jumlah Total SKS 146