Prodi Ilmu Komunikasi Hindu

Kaprodi: Sinta Tyas Pratisthita, M.Pd

Akreditasi: Download di sini

Visi:

Menjadi  Program Studi Unggul  di Bidang Ilmu Komunikasi yang berlandaskan budaya dan agama Hindu pada tahun 2026.

Misi:

  1. Mengembangkan ilmu komunikasi secara komprehensif sejalan dengan perkembangan tekhnologi dan globalisasi berlandaskan Budaya dan Agama Hindu;
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penelitian dan pengkajian bidang ilmu komunikasi, budaya dan agama Hindu;
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.

Tujuan:

Tujuan Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu :

  1. Menghasilkan tenaga ahli yang memiliki kemampuan teoretis dan keterampilan praktis dalam bidang ilmu komunikasi yang dilandasi nilai-nilai agama Hindu;
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mensinergikan dan mengakselerasikan sumber daya bidang ilmu komunikasi sesuai dengan tuntutan perkembangan masyarakat dan tekhnologi informasi dan komunikasi;
  3. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas luaran yang mampu meningkatkan daya saing pada dunia kerja;
  4. Memiliki kemampuan untuk berperan sebagai pusat pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian bidang ilmu komunikasi yang profesional dan dilandasi nilai-nilai agama Hindu.

Tujuan dan Sasaran:

Dalam rangka mengantisipasi perkembangan fenomena yang berpengaruh bagi pertumbuhan dan kelangsungan STHD Klaten Jawa Tengah dan tantangan pembangunan bangsa yang berkelanjutan serta di dalam upaya mewujudkan secara nyata visi, misi, dan arah pengembangan STHD Klaten Jawa Tengah, maka dirumuskan prioritas sasaran Pengembangan STHD Klaten Jawa Tengah.  Pengembangan STHD Klaten Jawa Tengah berorientasi pada :

  1. Mengacu kepada empat pilar pendidikan secara umum (learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together);
  2. Meningkatan mutu sumber daya manusia yang berbudhi pekerti, dengan mengembangkan aspek kemampuan spiritualnya yakni sraddha & bhakti (Parahyangan) yang dilandasi tat tvam asi dan satyam sivam sundharam; kemampuan berpikir kreatif & inovatif yang dilandasi hukum karma phala; kemampuan berkomunikasi, serta pengembangan sikap santun yang estetik dilandasi prinsip satya vacana; dan kemampuan bekerja secara profesional dan teknis yang dilandasi ajaran ahimsa. Faktor kritis prioritas sasaran pengembangan ini didasarkan keyakinan terhadap hukum Karma phala, Satya Vacana dan Ahimsa. Semua ini dikembangkan guna memenuhi tuntutan attitude manusia Hindu yang mampu mewujudkan ke dalam bentuk implementasi penguasaan ilmu kependidikan dan agama ke arah Lokasamgraha dan humanisme sejati (yang berwawasan global dengan basis budaya Nusantara; dan dengan kemampuan akademik yang berwawasan multikultural).
  3. Dalam peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, faktor kritis prioritas sasaran pengembangan ini adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang meliputi kurikulum, dosen, ilmuwan, mahasiswa, forum ilmiah, perpustakaan, laboratorium, dan sarana penunjang lainnya. Khusus dalam beban tugas dosen yang harus menitikberatkan pada aspek penelitian ilmiah baik secara mandiri maupun tim yang akan membantu proyeksi terwujudnya misi dan tujuan secara efektif.
  4. Dalam peningkatan kualitas dan kuantitas kerjasama antar berbagai pihak, baik masyarakat ilmiah maupun masyarakat umum, terutama dalam hal peningkatan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, diharapkan dengan prioritas ini akan mendapatkan hasil yang saling menguntungkan;
  5. Membangun hubungan kelembagaan dengan institusi dalam dan luar negeri yang bermanfaat bagi pengembangan Civitas akademika STHD Klaten Jawa Tengah.

Profil Lulusan:

NO PROFIL LULUSAN DESKRIPSI
1.            1. Analisis Komunikasi Lulusan program studi Ilmu komunikasi Hindu memiliki kemampuan dalam Pengetahuan Teoritis (Teoritical Knowledge) dalam memahami landasan teori komunikasi Hindu sebagai kemampuan dasar untuk menganalisis secara generalis cakupan ilmu komunikasi.
2. Petugas Komunikasi (Communication Officer) Lulusan program studi Ilmu komunikasi Hindu memiliki kemampuan praktis (practical knowledge) dalam komunikasi yang bersifat khusus seperti produksi media elektronik atau mendesain iklan yang dipersyaratkan dalam profesi Komunikasi tertentu dengan penciri Tri Kerangka Agama Hindu yaitu Tatwa, Susila dan Upacara. Lulusan Prodi ini diarahkan untuk bekerja sebagai petugas komunikasi (Communication Officer) di lembaga/institusi dimana komunikasi bukan merupakan bidang pokok seperti kantor pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, atau industri media dan non media.
3. Wirausaha (Enterpreneur)

 

Lulusan program studi ilmu komunikasi Hindu memiliki kemampuan Pengetahuan Manajerial (Managerial Knowledge) dalam melakukan inovasi kewirausahaaan dibidang komunikasi. Lulusan prodi ini diarahkan untuk berinovasi dalam bidang teknologi digital media, design, animasi, fotografi, serta produk media dengan didasari oleh keragaman budaya Hindu dan kearifan budaya lokal nusantara

Capaian Pembelajaran:

 

 

Capaian Pembelajaran
CPL Sikap
S1  bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3 berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
CPL Pengetahuan
P1 konsep teoritis ilmu komunikasi secara umum dan Hindu;
P2 konsep teoritis komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi antarbudaya dan komunikasi massa secara mendalam;
P3 konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan komunikasi untuk tujuan komersial dan non-komersial untuk berbagai jenis saluran komunikasi;
P4 konsep, kaidah, dan proses penyusunan rencana dan implementasi program komunikasi untuk tujuan komersial maupun non-komersial;
P5 konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner;
P6 konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner;
P7 konsep umum dan metode aplikasi etika dalam proses komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi antarbudaya, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa;
P8 sejarah perkembangan, penggunaan,dan dampak teknologi di bidang komunikasi dan media; dan
CPL Keterampilan Umum
KU1 pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2 mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam peluang usaha yangindependen (wirausaha);
KU3 mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU3 mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU4 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU5 mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU6 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU7 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU8 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
CPL Ketrampilan Khusus
KK1 mampu memproduksi isi pesan isi pesan komunikasi untuk tujuan komersial dan nonkomersial untuk berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku;
KK2 mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpesonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep komunikasi yang relevan;
KK3 mampu menjalankan program komunikasi untuk tujuan komersial maupun non komersial melalui tahap analisis situasi khalayak, perencanaan strategi komunikasi, implementasi, dan evaluasi program komunikasi;
KK4 mampu menjalankan kegiatan penelitian di bidang komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitaif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner;
KK5 mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi Hindu sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah

Kurikulum:

 Semester I

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 NAS001 Agama 2
2 NAS002 Pancasila 2
3 NAS003 Pendidikan Kewarganegaraan 2
4 NAS004 Bahasa Indonesia 2
5 INS005 Bahasa Jawa 2
6 IKH001 Bahasa Inggris 2
7 IKH002 Filsafat Ilmu dan Etika Komunikasi 2
8 IKH003 Pengantar Ilmu Komunikasi 2
9 IKH004 Public speaking 2
10 IKH005 Komunikasi Organisasi dan Massa 2
  Jumlah 20

Semester II

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 INS003 Susila 2
2 IKH006 Perkembangan dan Sistem Komunikasi Indonesia 2
3 IKH007 Psikologi Agama 2
4 IKH008 Sejarah Perkembangan Agama Hindu 2
5 IKH009 Antropologi Sosial 3
6 IKH010 Bahasa Kawi 2
7 IKH011 Pengantar Teknologi Informasi 2
8 IKH012 Manajemen Komunikasi 2
9 IKH013 Pengantar Multimedia 2
10 IKH014 Pengantar Kajian media 2
Jumlah 21

Semester III

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 INS004 Acara Agama Hindu 2
2 IKH015 Sosiologi Komunikasi 2
3 IKH016 Komunikasi Antar Individu 2
4 IKH017 Komunikasi Lintas Budaya 2
5 IKH018 Retorika dan Public Relation 3
6 INS001 Weda 2
7 IKH019 Sosiologi Agama 2
8 INS002 Tattwa 2
9 IKH020 Dasar-dasar Fotografi 3
Jumlah 21

Semester IV

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 IKH021 Upanisad 2
2 IKH022 Sastra Jawa 2
3 IKH023 Purana 2
4 IKH024 Statistik Sosial 3
5 IKH025 Antropologi Budaya 2
6 IKH026 Teori Penyuluhan Agama 2
7 IKH027 Perkembangan Teknologi  Komunikasi 2
8 IKH028 Analisis isi dan Teks Media 2
9 IKH029 Fotografi dan Cinematografi 3
Jumlah 21

Semester V

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 IKH030 Bahasa Sansekerta 3
2 IKH031 Komunikasi Bisnis 2
3 IKH032 Metodologi Penelitian Kualitatif 2
4 IKH033 Niti Sastra 3
5 IKH034 Kewirausahaan 2
6 IKH035 Bahasa Kawi 2 2
7 IKH036 Dharma Gita 3
8 IKH037 Hukum dan Etika Public Relation 2
9 IKH038 Jurnalistik Media 3
10 IKH039 Teknik Loby dan Negosiasi 3
Jumlah 24

Semester VI

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 IKH040 Teknik Repotase dan Wawancara 2
2 IKH041 PPL 3
3 IKH042 Desain Komunikasi Visual 3
4 IKH043 Metodologi Penelitian Kuantitatif 2
5 IKH044 Teknik Penulisan Karya Ilmiah 2
6 IKH045 Produksi Video 3
7 IKH046 Yoga 2
8 IKH047 Perencanaan Event 3
Jumlah 21

Semester VII

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 IKH048 KKN 4
2 IKH049 Seminar Proposal 2
3 IKH050 Keprotokoleran dan MC 3
4 IKH051 Dharma Wacana 3
Jumlah 12

Semester VIII

No. Kode Mata Kuliah SKS
1 IKH052 Skripsi 6
Jumlah 6

 

TOTAL SKS: 146 SKS