Prodi Pendidikan Agama Hindu

Kaprodi: Setyaningsih, S.Ag., M.Si

Akreditasi: Download di sini

Visi:

Menjadikan Program Studi Pendidikan Agama Hindu Yang Mandiri, Cerdas, Tanggap dan Berbasis Kearifan Lokal di tahun 2025

Misi:

  1. Menghasilkan SDM yang memiliki kemandirian dalam bidang pendidikan agama Hindu dan kegamaan Hindu
  2. Menghasilkan SDM yang mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam pembelajaran agama Hindu
  3. Menghasilkan SDM yang memiliki ikap krisis, kreatif, demokratis dan terbuka dalam menghadapi berbagai tantangan jaman, terutama era globalisasi
  4. Mampu menghasilkan tenaga terampil yang dilandasi oleh iman, taqwa, berbudi pekerti luhur, cerdas, bermartabat dalam pergaulan dengan masyarakat internasional
  5. Mampu menganalisis dan mencarikan solusinya terhadap persoalan-persoalan yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan agama Hindu.
  6. Melakukan pengkajian dan penelitian tentang kebudayaan lokal

Tujuan:

Berdasarkan Visi dan Misi  yang telah disebutkan di atas, maka  tujuan umum dan tujuan khusus Program Studi Pendidikan Agama Hindu (S1) adalah sebagai berikut:

Tujuan Umum:

Penguasaan pengetahuan dan pemahaman bidang ilmu dan ketrampilan khusus serta sikap akademik dan kemandirian lulusan, sesuai dengan visi dan misi.

Tujuan Khusus:

  1. Menyiapkan tenaga pendidik agama dan keagamaan Hindu yang mandiri
  2. Mampu menganalisis prospek pembangunan pendidikan agama Hindu dalam skala lokal, regional, nasional dan global
  3. Mampu membuat rencana atau program pembangunan pendidikan agama Hindu yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat
  4. Mampu menggali dan mengembangkan nilai-nailai sosial budaya dan kearifan lokal ke dalam pendidikan agama Hindu

Strategi:

Sasaran

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran  program studi Pendidikan Agama Hindu berkualitas, berelevansi, berproduktivitas, dan menghasilkan lulusan yang beriman, bertakwa, berdedikasi, dan berketerampilan pada bidang Pendidikan Agama Hindu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan berdaya guna sebagai salah satu model peningkatan mutu dosen agar lebih peka terhadap perkembangan ilmu agama Hindu dan budayaberbasis kearifan lokalyang berkembang di masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Peningkatan dan pengembangan relevansi program pengabdian kepada masyarakat baik secara kualitas, kuantitas, dan produktivitas sebagai wujud kontribusi kepada masyarakat yang berbasis riset

Jangka Pendek (1-2 Tahun)

a)    Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan metodologi yang berkaitan dengan pengembangan dan penyesuaian kurikulum, silabus, dan satuan acara perkuliahan (SAP).

b)   Melakukan pemantauan mutu proses belajar mengajar pada tingkat program studi yang disesuaikan dengan mutu yang ditetapkan pada tingkat Program Studi Agama Hindu serta Sekolah Tinggi dengan mengacu pada pedoman mutu (P2M) Membuka kesempatan bagi dosen untuk meningkatkan kemampuan akademis dan wawasan melalui pengikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan akademis seperti lokakarya, kuliah umum, seminar nasional dan internasional, yang berkaitan dengan kurikulum, silabus, SAP, dan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

c)   Meningkatkan pendampingan dosen serta mahasiswa dalam hal penulisan tugas akhir.

d)   Meningkatkan dan menyempurnakan penyediaan bahan ajar maupun buku teks yang diterbitkan oleh dosen baik dari segi kualitas maupun kwantitas.

e)   Melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang meliputi evaluasi proses pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa pada tiap akhir semester (UTS, UAS dan Tugas)

f)    Melakukan evaluasi proses belajar-mengajar pada setiap akhir semester yang hasilnya disampaikan pada saat rapat dosen Program Studi Pendidikan agama Hindu

Jangka Panjang (5 Tahun kedepan)

a)      Melakukan revisi kurikulum agar sesuai dengan perkembangan ilmu Pendidikan agama Hindu sesuai dengan KKNI

b)    Meningkatkan Status Akreditasi Program Studi Pendidian Agama Hindu  menjadi B

c)     Menyiapkan dan menyempurnakan pedoman-pedoman pelaksanaan berbagai kegiatan pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu

 

 

Jangka Pendek (1-2 Tahun)

a)   Melakukan penelitian sesuai dengan program studi pendidikan agama Hindu

b)  Meningkatkan kualitas penelitian melalui pelatihan metode penelitian serta penulisan artikel ilmiah yang berkaitan dengan hasil penelitian.

c)   Mempublikasikan hasil penelitian melalui seminar, kuliah umum dan kegiatan akademis serta jurnal ilmiah nasional maupun internasional

d)  Mendorong para dosen untuk mendapatkan hibah penelitian kompetitif baik tingkat nasional maupun internasional

e)   Melaksanakan kegiatan lokakarya, workshop penelitian

f)   Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen

Jangka Panjang (5 Tahun kedepan)

Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama penelitian dengan lembaga lain baik instansi pendidikan negeri maupun swasta, pemerintah daerah, lembaga-lembaga, sanggar-sanggar ebudayaan dan istitusi-institusi non akademis yang lain yang memiliki kepentingan terkait dengan pendidikan agama Hindu.

 

Jangka Pendek (1-2 Tahun)

a)   Merancang rencana kerja tahunan Program Studi melalui mekanisme rencana kerja (Renja) untuk rencana dua tahun ke depan.

b)  Mengembangkan Program Studi sesuai dengan Renstra Prodi.

c)   Pemberdayaan staf pengajar untuk penguatan peran dan tata kelola Program Studi Pendidikan Agama Hindu.

d)  Meningkatkan akses internet berupa wifi tiap ruangan kuliah.

e)   Menyusun laporan kerja tahunan setiap akhir tahun.

f)   Meningkatkan fungsi koordinasi antara pihak program studi dengan pihak-pihak yang berada di Lembaga.

g)  Melaksanakan pengisian KRS dan EDOM secara online.

h)  Peningkatan Bandwidth Internet.

i)    Tersedianya penjaminan mutu internal pada tingkat prodi.

j)    tersediannya SOP sebagai acuan pada setiap kegiatan.

Jangka Panjang (5 Tahun kedepan)

Mengembangkan sistem manajeman yang terbuka, akuntabel berbasis IT sehingga tugas-tugas di program studi pendidikan agama Hindu dapat berjalan dengan efisien, efektif dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Profil Lulusan:

No Profil Lulusan Deskripsi Profil
1 Pendidik Pendidikan Agama Hindu

 

Menjadi Pendidik PAH di Sekolah/Pasraman dan Sekolah Luar Biasa tingkat dasar dan menengah, berkepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di  bidang pendidikan agama, serta mampu menerapkan dan melaksanakan proses kegiatan belajar dan mengajar.
2 Administrator

 

Menjadi administrator yang menguasai berbagai metode administrasi dengan kepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di  administrator.
3

 

 

 

Wirausahawan Menjadi seorang yang pandai atau berbakat untuk mengenali produk atau usaha baru, mampu menentukan cara produksi baru, mampu menentukan cara produksi yang baru, menysusun manajemen operasional untuk pengadaan produk baru, memasarkan produk tersebut dan mengatur modal untuk operasionalnya.
4 Instruktur Keagamaan

 

Menjadi Tenaga Instruktur Keagamaan yang  berpengetahuan luas dan berkepribadian di  bidang Upakara dan Yoga yang berbasis kearifan lokal.

Capaian Pembelajaran:

capaian pembelajaran bagi para peserta didik pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu STHD adalah :

 

Capaian Pembelajaran
CPL Sikap
S1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3 berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
S11 menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik guru Indonesia;
CPL Pengetahuan
PP1 Menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan dalam bidang ilmu administrasi pendidikan dan pendidikan agama Hindu;
PP2 Menguasai konsep dasar pedagogi  dan adragogi serta pengetahuan bidang studi yang terkait dengan lingkup tugasnya sebagai pendidik agama Hindu;
PP3 Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi berbagai metode pembelajaran inovatif  dan kreatif khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) dalam pendidikan agama Hindu;
PP4 Menguasai prinsip, konsep dan teknik perencanaan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dalam Pendidikan Agama Hindu
PP5 Menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan dalam bidang kepemimpinan dan pendidikan agama Hindu;
PP6 Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, metode bidang ilmu administrasi pendidikan dan pendidikan agama Hindu yang berorientasi pada pelayanan prima;
PP7 Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan agama Hindu.
PP8 Menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan dalam bidang kewirausahaan.
PP9 Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, metode bidang kewirausahaan yang berorientasi pada pelayanan prima;
PP10 Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan agama Hindu.
PP11 Menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan dalam bidang upakara, yoga dan seni keagamaan Hindu serta pendidikan agama Hindu;
PP12 Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, metode bidang ilmu  upakara, yoga dan seni keagamaan Hindu serta pendidikan agama Hindu yang berorientasi pada life skill;
PP13 Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan upakara, yoga dan seni keagamaan Hindu serta pendidikan agama Hindu
CPL Ketrampilan Khusus
KK1 Mampu mengelola pembelajaran berdasarkan kemampuan pedagogik dan andragogi terkait dengan lingkup pembelajaran dan pendidikan agama Hindu
KK2 Mampu mendesain pembelajaran yang  saintifik, inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan dan memotivasi baik kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu dalam bidang pendidikan Agama Hindu
KK3 Berkomunikasi secara efektif, empatik, santun dan tidak diskriminatif dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua dan masyarakat;
KK4 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KK5 Mampu menggali, mengelola dan  mengembangkan kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran;
KK6 Mampu mengintegrasikan konsep dasar teoretik  dalam  bidang ilmu administrasi pendidikan dan pendidikan agama Hindu secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut;
KK7 Mampu membangun komunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal yang produktif berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu
KK8 Mampu mengintegrasikan alternatif pemecahan masalah bidang ilmu administrasi pendidikan dan pendidikan agama Hindu  yang terjadi pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, tingkat usia, dan kekurangan fisik
KK9 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan atasan, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KK10 Berkomunikasi secara efektif, empatik, santun dan tidak diskriminatif dengan sesama pemimpin keagamaan, pendidik, tenaga pendidikan dan masyarakat
Ketrampilan Umum
KU1 mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2 mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3 mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4 mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6 mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta  evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
KU10 mampu mempublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi
KU11 mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
KU12 mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme;
KU13 mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
KU14 mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.

Kurikulum:

 

DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH  TIAP SEMESTER

No. No. Urut Dalam Semester Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS Semester
1 1 Agama NAS001 2 1
2 2 Pancasila NAS002 2 1
3 3 Pendidikan Kewarganegaraan NAS003 2 1
4 4 Bahasa Indonesia NAS004 2 1
5 5 Kurikulum dan Pembelajaran PAH.1.001 2 1
6 6 Profesi Pendidikan PAH.1.002 2 1
7 7 Sejarah Agama Hindu PAH.1.003 2 1
8 8 Filsafat Ilmu PAH.1.004 2 1
9 9 Tattwa INS002 2 1
10 10 Bahasa Inggris PAH.1.005 2 1
    Sub Total   20  
11 1 Landasan Pendidikan PAH.2.006 3 2
12 2 Weda INS001 2 2
13 3 Susila INS003 2 2
14 4 Acara Agama Hindu INS004 2 2
15 5 Bahasa Jawa INS005 2 2
16 6 Tattwa I PAH.2.007 3 2
17 7 Upanisad PAH.2.008 3 2
18 8 Ilmu Perbandingan Agama PAH.2.009 2 2
19 9 Strategi dan Desain Pembelajaran PAH.2.010 2 2
    Sub Total   21  
20 1 Ilmu Pendidikan PAH.3.011 3 3
21 2 Filsafat Pendidikan PAH.3.012 3 3
22 3 Sad Darsana PAH.3.013 3 3
23 4 Upakara PAH.3.014 2 3
24 5 Siwa Sidhanta PAH.3.015 2 3
25 6 Psikologi Pendidikan PAH.3.016 2 3
26 7 Tata Susila PAH.3.017 2 3
27 8 Perkembangan Peserta Didik PAH.3.018 3 3
    Sub Total   20  
28 1 Itihasa PAH.4.019 3 4
29 2 Weda (II) PAH.4.020 2 4
30 3 Pedagogik Pendidikan PAH.4.021 3 4
31 4 Sastra Jawa PAH.4.022 2 4
32 5 Yoga PAH.4.023 2 4
33 6 Evaluasi Pendidikan PAH.4.024 3 4
34 7 Manggala Upacara PAH.4.025 2 4
35 8 Dharma Wacana PAH.4.026 3 4
    Sub Total   20  
36 1 Statistik Pendidikan PAH.5.027 2 5
37 2 Bahasa Kawi PAH.5.028 3 5
38 3 Purana PAH.5.029 2 5
39 4 Manajemen Pendidikan PAH.5.030 3 5
40 5 Sosiologi Pendidikan PAH.5.031 3 5
41 6 Bahasa Sansekerta PAH.5.032 3 5
42 7 Psikologi Agama PAH.5.033 2 5
43 8 Bimbingan Konseling PAH.5.034 3 5
    Sub Total   21  
44 1 Praktek Pengalaman Lapangan PAH.6.035 3 6
45 2 Microteaching PAH.6.036 3 6
46 3 Niti Sastra PAH.6.037 3 6
47 4 Seni Sakral PAH.6.038 2 6
48 5 Wariga PAH.6.039 3 6
49 6 Metode Penelitian Kualitatif PAH.6.040 2 6
50 7 Metode Penelitian Kuantitatif PAH.6.041 2 6
51 8 Teknik Penulisan Karya Ilmiah PAH.6.046 3 6
    Sub Total   21  
52 1 Kewirausahaan PAH.7.042 3 7
53 2 TIK PAH.7.043 3 7
54 3 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAH.7.044 2 7
55 4 Dharma Gita PAH.7.045 3 7
56 5 Seminar Proposal Penelitian PAH.7.047 2 7
57 6 Kuliah Kerja Nyata (KKN) PAH.7.048 4 7
    Sub Total   17  
58 1 Skripsi PAH.8.049 6 8
    Sub Total   6  
           
    Jumlah Total SKS Semester Ganjil   78  
    Jumlah Total SKS Semester Genap   68  
    Jumlah Total SKS   146