Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kaprodi: Winarsih, M.Pd.H 

Akreditasi Prodi: Download di sini

Visi:

Menjadikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  yang Maju, Cerdas, Tanggap dan Berbasis Kearifan Lokal di tahun 2025

Misi:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berkualitas dan berdaya saing
  2. Melaksanakan Penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan Guru SekolahDasar
  3. Melaksanakan pengembangan kebudayaan berdasarkan kearifan lokal
  4. Menyelengarakan Kerjasama dibidang pendidikan sekolah dasar

Tujuan:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik Guru Sekolah Dasar yang unggul dan berdaya saing
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkarakter di Sekolah Dasar
  3. Menghasilkan pengembangan kebudayaan yang berbasis kearifan lokal
  4. Menghasilkan kerjasama baik lokal maupun nasional

Sasaran dan Strategi:

Sasaran

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  berkualitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan berdaya guna sebagai salah satu model peningkatan mutu dosen agar lebih peka terhadap perkembangan ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar  dan budaya berbasis kearifan local yang berkembang di masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Peningkatan dan pengembangan relevansi program pengabdian kepada masyarakat baik secara kualitas, kuantitas, dan produktivitas sebagai wujud kontribusi kepada masyarakat yang berbasis riset

Jangka Pendek (1-2 Tahun)

a)    Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan metodologi yang berkaitan dengan pengembangan dan penyesuaian kurikulum, silabus, dan satuan acara perkuliahan (SAP).

b)   Melakukan pemantauan mutu proses belajar mengajar pada tingkat program studi yang disesuaikan dengan mutu yang ditetapkan pada tingkat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  serta Sekolah Tinggi dengan mengacu pada pedoman mutu (P2M) Membuka kesempatan bagi dosen untuk meningkatkan kemampuan akademis dan wawasan melalui pengikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan akademis seperti lokakarya, kuliah umum, seminar nasional dan internasional, yang berkaitan dengan kurikulum, silabus, SAP, dan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

c)   Meningkatkan pendampingan dosen serta mahasiswa dalam hal penulisan tugas akhir.

d)   Meningkatkan dan menyempurnakan penyediaan bahan ajar maupun buku teks yang diterbitkan oleh dosen baik dari segi kualitas maupun kwantitas.

e)   Melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang meliputi evaluasi proses pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa pada tiap akhir semester (UTS, UAS dan Tugas)

f)    Melakukan evaluasi proses belajar-mengajar pada setiap akhir semester yang hasilnya disampaikan pada saat rapat dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jangka Panjang (5 Tahun kedepan)

a)      Melakukan revisi kurikulum agar sesuai dengan perkembangan ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar sesuai dengan KKNI

b)    Meningkatkan Status Akreditasi Program Studi Pendidian Guru Sekolah Dasar   menjadi B

c)     Menyiapkan dan menyempurnakan pedoman-pedoman pelaksanaan berbagai kegiatan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jangka Pendek (1-2 Tahun)

a)   Melakukan penelitian sesuai dengan program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar

b)  Meningkatkan kualitas penelitian melalui pelatihan metode penelitian serta penulisan artikel ilmiah yang berkaitan dengan hasil penelitian.

c)   Mempublikasikan hasil penelitian melalui seminar, kuliah umum dan kegiatan akademis serta jurnal ilmiah nasional maupun internasional

d)  Mendorong para dosen untuk mendapatkan hibah penelitian kompetitif baik tingkat nasional maupun internasional

e)   Melaksanakan kegiatan lokakarya, workshop penelitian

f)   Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen

Jangka Panjang (5 Tahun kedepan)

Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama penelitian dengan lembaga lain baik instansi pendidikan negeri maupun swasta, pemerintah daerah, lembaga-lembaga, sanggar-sanggar kebudayaan dan istitusi-institusi non akademis yang lain yang memiliki kepentingan terkait dengan pendidikan Guru Sekolah Dsar

 

Jangka Pendek (1-2 Tahun)

a)   Merancang rencana kerja tahunan Program Studi melalui mekanisme rencana kerja (Renja) untuk rencana dua tahun ke depan.

b)  Mengembangkan Program Studi sesuai dengan Renstra Prodi.

c)   Pemberdayaan staf pengajar untuk penguatan peran dan tata kelola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

d)  Meningkatkan akses internet berupa wifi tiap ruangan kuliah.

e)   Menyusun laporan kerja tahunan setiap akhir tahun.

f)   Meningkatkan fungsi koordinasi antara pihak program studi dengan pihak-pihak yang berada di Lembaga.

g)  Melaksanakan pengisian KRS dan EDOM secara online.

h)  Peningkatan Bandwidth Internet.

i)    Tersedianya penjaminan mutu internal pada tingkat prodi.

j)    tersediannya SOP sebagai acuan pada setiap kegiatan.

Jangka Panjang (5 Tahun kedepan)

Mengembangkan sistem manajeman yang terbuka, akuntabel berbasis IT sehingga tugas-tugas di program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar dapat berjalan dengan efisien, efektif dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Profil Lulusan:

No Profil Lulusan Deskripsi
1 Tenaga Pendidik  Sekolah Dasar Adalah Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar  yang mampu merencanakan,melaksanakan,mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan keilmuan,karakter, dan innovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan

 

 

 

2 Supervisor Pendidikan Sekolah Dasar Adalah Seseorang yang mampu diberi wewenang atau mempunyai otoritas untuk mengawasi,mengarahkan suatu teknis atau tatacara secara sistematis dan mengendalikan suatu pelaksanaan tatacara lainya yaitu dengan cara memberikan perintah kepada staf bawahanya pada jenjang pendidikan sekolah dasar
3 Praktisi dan Konsultan/Pendiri Bimbingan Belajar untuk Anak sekolah Dasar Adalah Praktisi dan konsultan pendidikan ditinkat satuan pendidikan dasar dalam bidang penggelola pendidikan,pembina ekstra

Kurikuler,evaluator pelaksanaan pembelajaran,dan pengembang media serta sumber belajar,dan sebagai Pembimbing belajar yang dilakukan untuk memberikan bantuan  kepada para peserta didik agar bisa mendapatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal

4 Peneliti Adalah yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasikan inovasi pembelajaran yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah Dasar

Capian Pembelajaran:

 

Capaian Pembelajaran
CPL Sikap
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
CPL Pengetahuan
PP1 Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai dharma dan Sradhu gunawan berdasarkan Tri Kaya Parisudha
PP2 Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, spiritual, patriotisme, mobyektif dan menjalankan swadharma-nya berdasarkan Trikaya Parisudha
PP3 Mampu berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat,berbangsa,benegara,dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
PP4 Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Bangsa dan Negara
PP5 Berkomunikasi secara efektif,empatik,santun,dan tidak diskriminatif dengan sesama pendidik,tenaga kependidik,orang tua dan masyarakat
PP6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
PP7 Mampu menunjukkan etos kerja,bertangung jawab yang tinggi,rasa bangga dan percaya diri
PP8 Menginternalisasi semangat kewirausahaan
PP9 Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan,terkait dengan pengelolaan,pembelajaran yang mendidik,kreatif,inovatif,produktif dan adaptif
PP10 Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan di bidang keilmuan,secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep,filosofi,metode,disiplin keilmuan (body of knowledge) dan relevan dengan tuntutan standar isi satuan pendidikan
PP11 Mampu menerapkan pemikiran logis,kritis,sistematis dan inovatif dalam kontek pengetahuan atau implementasi Pendidikan Sekolah Dasar
PP12 Mampu menunjukan kinerja mandiri,bermutu dan berukur dalam tugas pendidikan
PP13 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu penetahuan, teknologi dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dan nilai-nilai Budaya
PP14 Mampu mengambil keputusan secara tepat,dalam konteks penjelasan masalah, di bidang pendidikan Sekolah Dasarberdsarkan hasil analisis informasi dan data
PP15 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing,kolega dan sejawat baik dalam maupun diluar lembaganya
PP16 Mampu bertanggung jawab atas hasil kerja dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugskan
PP17 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, dan menemukan kembali data dibidang bahasa dan Pendidikan bahasa Jawa
CPL Ketrampilan Khusus
KK1 Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran disekolah dasarsecara tanggung jawab
KK2 Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik,psikologis,dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
KK3 Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia,Matematika,IPA,IPS,PKn,SBdP dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengam metode sainstifik sesuai denngan etika akademik
KK4 Mampu menganalisis,mengkontruksi dan memodifikasi kurikulum,pendekatan strategis,model,metode,teknik,bahan ajar,media dan sumber belajar yang inofatif sebagai guru kelas disekolah dasar secara mandiri
KK5 Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran disekolah dasar secara berkelanjutan

 

KK6 Mampu merangcang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk Skripi dan menngunggah artikel dalam laman perguruan tinggi
KK7 Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan disekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku
Ketrampilan Umum
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks            pengembangan            atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu       menunjukkan      kinerja    mandiri,

bermutu, dan terukur

KU3 mampu            mengkaji         implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan                        teknologi                     yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU4 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU5 Mampu memelihara dan mengembang- kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan,mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

Kurikulum:

 

No

 

Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS Semester
1 Agama NAS001 2 I
2 Pancasila NAS002 2 I
3 Kewarganegaraan NAS003 2 I
4 Bahasa Indonesia NAS004 2 I
5 Weda INS001 2 I
6 Susila INS002 2 I
7 Acara Agama Hindu INS003 2 I
8 Tatwa INS004 2 I
9 Bahasa Jawa INS005 2 I
10 Pendidikan Lingkungan PGSD001 2 I
11 Total 20 sks
12 Psikologi Belajar AnakSD PGSD002 3 II
13 Media Pembelajaran SD PGSD003 3 II
14 Landasan Pendidikan PGSD004 3 II
15 Filsafat Pendidikan PGSD005 3 II
16 Perkembangan Fisiologi Anak SD PGSD006 3 II
17 Model Pembelajaran SD PGSD007 3 II
18 Perencanaan Pembelajaran SD PGSD008 3 II
19 Desain Pembelajaran PGSD009 3 II
Total 24 sks
20 Sosiologi Pendidikan PGSD010 3 III
21 Kurikulum dan Pembelajaran PGSD011 3 III
22 Microteaching PGSD012 3 III
23 Ilmu Pendidikan PGSD013 3 III
24 Provesi Pendidikan PGSD014 3 III
25 Menegemen Pendidikan PGSD015 3 III
26 Sastra Jawa PGSD016 2 III
27 Evaluasi Pendidikan PGSD017 3 III
Total 23 sks
28 Pengembangan Diri Guru PGSD018 3 IV
29 Hak Azasi Anak PGSD019 3 IV
30 Statistik Pendidikan PGSD020 3 IV
31 Filsafat Ilmu PGSD021 3 IV
32 Pembelajaran  Matematika SD PGSD022 3 IV
33 Pembelajaran  IPA SD PGSD023 3 IV
34 Pembelajjaran  IPS SD PGSD024 3 IV
35 Pendidikan Jasmani Dan Rekreasi SD PGSD025 3 IV
Total 24 sks
36 Pembelajaran PPKN Dan Pancasila SD PGSD026 3 V
37 Mapel  SD Bahasa Indonesia PGSD027 3 V
38 Mapel SD Bahasa Jawa PGSD028 3 V
39 Tehnik Penulisan Karya Ilmiah PGSD029 2 V
40 Bimbingan Konseling SD PGSD030 3 V
41 Bahasa Inggris SD PGSD031 2 V
42 Metodelogi  penelitian Kuantitatif PGSD032 2 V
43 Kewirausah an PGSD033 3 V
Total 21 sks
44 Administrasi Pendidikan PGSD034 3 VI
45 Pembelajaran Microtieching PGSD035 3 VI
46 Metode  penelitian Kualitatif PGSD036 2 VI
47 Wawasan Budaya Nusantara PGSD037 3 VI
48 Yoga PGSD038 2 VI
49 Bahasa Sansekerta PGSD039 3 VI
50 Pratikum Sekolah PGSD040 4 VI
51 Metode bercerita PGSD041 2 VI`
Total 22 sks
52 Kuliah Kerja Nyata PGSD042 4 VII
53 Seminar Proposal Penelitian PGSD043 2 VII
Sub Total   6
54 Skripsi PGSD044 6 VIII
Sub Total   6
Jumlah Total SKS Semester Ganjil 70
Jumlah Total SKS Semester Genap 76
Jumlah Total SKS 146