Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Kaprodi: Winarsih, M.Pd.H
Akreditasi Prodi: Download di sini
Visi:
Menjadikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang Maju, Cerdas, Tanggap dan Berbasis Kearifan Lokal di tahun 2025
Misi:
- Menyelenggarakan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berkualitas dan berdaya saing
- Melaksanakan Penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan Guru SekolahDasar
- Melaksanakan pengembangan kebudayaan berdasarkan kearifan lokal
- Menyelengarakan Kerjasama dibidang pendidikan sekolah dasar
Tujuan:
- Menghasilkan tenaga pendidik Guru Sekolah Dasar yang unggul dan berdaya saing
- Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkarakter di Sekolah Dasar
- Menghasilkan pengembangan kebudayaan yang berbasis kearifan lokal
- Menghasilkan kerjasama baik lokal maupun nasional
Sasaran dan Strategi:
Sasaran
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar berkualitas
2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan berdaya guna sebagai salah satu model peningkatan mutu dosen agar lebih peka terhadap perkembangan ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan budaya berbasis kearifan local yang berkembang di masyarakat.
3. Peningkatan dan pengembangan relevansi program pengabdian kepada masyarakat baik secara kualitas, kuantitas, dan produktivitas sebagai wujud kontribusi kepada masyarakat yang berbasis riset |
Jangka Pendek (1-2 Tahun)
a) Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan metodologi yang berkaitan dengan pengembangan dan penyesuaian kurikulum, silabus, dan satuan acara perkuliahan (SAP). b) Melakukan pemantauan mutu proses belajar mengajar pada tingkat program studi yang disesuaikan dengan mutu yang ditetapkan pada tingkat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar serta Sekolah Tinggi dengan mengacu pada pedoman mutu (P2M) Membuka kesempatan bagi dosen untuk meningkatkan kemampuan akademis dan wawasan melalui pengikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan akademis seperti lokakarya, kuliah umum, seminar nasional dan internasional, yang berkaitan dengan kurikulum, silabus, SAP, dan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. c) Meningkatkan pendampingan dosen serta mahasiswa dalam hal penulisan tugas akhir. d) Meningkatkan dan menyempurnakan penyediaan bahan ajar maupun buku teks yang diterbitkan oleh dosen baik dari segi kualitas maupun kwantitas. e) Melakukan evaluasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang meliputi evaluasi proses pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa pada tiap akhir semester (UTS, UAS dan Tugas) f) Melakukan evaluasi proses belajar-mengajar pada setiap akhir semester yang hasilnya disampaikan pada saat rapat dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jangka Panjang (5 Tahun kedepan) a) Melakukan revisi kurikulum agar sesuai dengan perkembangan ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar sesuai dengan KKNI b) Meningkatkan Status Akreditasi Program Studi Pendidian Guru Sekolah Dasar menjadi B c) Menyiapkan dan menyempurnakan pedoman-pedoman pelaksanaan berbagai kegiatan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jangka Pendek (1-2 Tahun) a) Melakukan penelitian sesuai dengan program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar b) Meningkatkan kualitas penelitian melalui pelatihan metode penelitian serta penulisan artikel ilmiah yang berkaitan dengan hasil penelitian. c) Mempublikasikan hasil penelitian melalui seminar, kuliah umum dan kegiatan akademis serta jurnal ilmiah nasional maupun internasional d) Mendorong para dosen untuk mendapatkan hibah penelitian kompetitif baik tingkat nasional maupun internasional e) Melaksanakan kegiatan lokakarya, workshop penelitian f) Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen Jangka Panjang (5 Tahun kedepan) Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama penelitian dengan lembaga lain baik instansi pendidikan negeri maupun swasta, pemerintah daerah, lembaga-lembaga, sanggar-sanggar kebudayaan dan istitusi-institusi non akademis yang lain yang memiliki kepentingan terkait dengan pendidikan Guru Sekolah Dsar
Jangka Pendek (1-2 Tahun) a) Merancang rencana kerja tahunan Program Studi melalui mekanisme rencana kerja (Renja) untuk rencana dua tahun ke depan. b) Mengembangkan Program Studi sesuai dengan Renstra Prodi. c) Pemberdayaan staf pengajar untuk penguatan peran dan tata kelola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. d) Meningkatkan akses internet berupa wifi tiap ruangan kuliah. e) Menyusun laporan kerja tahunan setiap akhir tahun. f) Meningkatkan fungsi koordinasi antara pihak program studi dengan pihak-pihak yang berada di Lembaga. g) Melaksanakan pengisian KRS dan EDOM secara online. h) Peningkatan Bandwidth Internet. i) Tersedianya penjaminan mutu internal pada tingkat prodi. j) tersediannya SOP sebagai acuan pada setiap kegiatan. Jangka Panjang (5 Tahun kedepan) Mengembangkan sistem manajeman yang terbuka, akuntabel berbasis IT sehingga tugas-tugas di program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar dapat berjalan dengan efisien, efektif dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. |
Profil Lulusan:
No | Profil Lulusan | Deskripsi |
1 | Tenaga Pendidik Sekolah Dasar | Adalah Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan,melaksanakan,mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan keilmuan,karakter, dan innovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan
|
2 | Supervisor Pendidikan Sekolah Dasar | Adalah Seseorang yang mampu diberi wewenang atau mempunyai otoritas untuk mengawasi,mengarahkan suatu teknis atau tatacara secara sistematis dan mengendalikan suatu pelaksanaan tatacara lainya yaitu dengan cara memberikan perintah kepada staf bawahanya pada jenjang pendidikan sekolah dasar |
3 | Praktisi dan Konsultan/Pendiri Bimbingan Belajar untuk Anak sekolah Dasar | Adalah Praktisi dan konsultan pendidikan ditinkat satuan pendidikan dasar dalam bidang penggelola pendidikan,pembina ekstra
Kurikuler,evaluator pelaksanaan pembelajaran,dan pengembang media serta sumber belajar,dan sebagai Pembimbing belajar yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada para peserta didik agar bisa mendapatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal |
4 | Peneliti | Adalah yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasikan inovasi pembelajaran yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah Dasar |
Capian Pembelajaran:
Capaian Pembelajaran | |
CPL Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
CPL Pengetahuan | |
PP1 | Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai dharma dan Sradhu gunawan berdasarkan Tri Kaya Parisudha |
PP2 | Mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, spiritual, patriotisme, mobyektif dan menjalankan swadharma-nya berdasarkan Trikaya Parisudha |
PP3 | Mampu berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat,berbangsa,benegara,dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
PP4 | Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Bangsa dan Negara |
PP5 | Berkomunikasi secara efektif,empatik,santun,dan tidak diskriminatif dengan sesama pendidik,tenaga kependidik,orang tua dan masyarakat |
PP6 | Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
PP7 | Mampu menunjukkan etos kerja,bertangung jawab yang tinggi,rasa bangga dan percaya diri |
PP8 | Menginternalisasi semangat kewirausahaan |
PP9 | Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan,terkait dengan pengelolaan,pembelajaran yang mendidik,kreatif,inovatif,produktif dan adaptif |
PP10 | Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan di bidang keilmuan,secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep,filosofi,metode,disiplin keilmuan (body of knowledge) dan relevan dengan tuntutan standar isi satuan pendidikan |
PP11 | Mampu menerapkan pemikiran logis,kritis,sistematis dan inovatif dalam kontek pengetahuan atau implementasi Pendidikan Sekolah Dasar |
PP12 | Mampu menunjukan kinerja mandiri,bermutu dan berukur dalam tugas pendidikan |
PP13 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu penetahuan, teknologi dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dan nilai-nilai Budaya |
PP14 | Mampu mengambil keputusan secara tepat,dalam konteks penjelasan masalah, di bidang pendidikan Sekolah Dasarberdsarkan hasil analisis informasi dan data |
PP15 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing,kolega dan sejawat baik dalam maupun diluar lembaganya |
PP16 | Mampu bertanggung jawab atas hasil kerja dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugskan |
PP17 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, dan menemukan kembali data dibidang bahasa dan Pendidikan bahasa Jawa |
CPL Ketrampilan Khusus | |
KK1 | Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran disekolah dasarsecara tanggung jawab |
KK2 | Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik,psikologis,dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar |
KK3 | Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia,Matematika,IPA,IPS,PKn,SBdP dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengam metode sainstifik sesuai denngan etika akademik |
KK4 | Mampu menganalisis,mengkontruksi dan memodifikasi kurikulum,pendekatan strategis,model,metode,teknik,bahan ajar,media dan sumber belajar yang inofatif sebagai guru kelas disekolah dasar secara mandiri |
KK5 | Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran disekolah dasar secara berkelanjutan
|
KK6 | Mampu merangcang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk Skripi dan menngunggah artikel dalam laman perguruan tinggi |
KK7 | Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan disekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku |
Ketrampilan Umum | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri,
bermutu, dan terukur |
KU3 | mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU4 | mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU5 | Mampu memelihara dan mengembang- kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU6 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU7 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan |
KU8 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan,mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
Kurikulum:
No
|
Mata Kuliah | Kode Mata Kuliah | SKS | Semester |
1 | Agama | NAS001 | 2 | I |
2 | Pancasila | NAS002 | 2 | I |
3 | Kewarganegaraan | NAS003 | 2 | I |
4 | Bahasa Indonesia | NAS004 | 2 | I |
5 | Weda | INS001 | 2 | I |
6 | Susila | INS002 | 2 | I |
7 | Acara Agama Hindu | INS003 | 2 | I |
8 | Tatwa | INS004 | 2 | I |
9 | Bahasa Jawa | INS005 | 2 | I |
10 | Pendidikan Lingkungan | PGSD001 | 2 | I |
11 | Total | 20 sks | ||
12 | Psikologi Belajar AnakSD | PGSD002 | 3 | II |
13 | Media Pembelajaran SD | PGSD003 | 3 | II |
14 | Landasan Pendidikan | PGSD004 | 3 | II |
15 | Filsafat Pendidikan | PGSD005 | 3 | II |
16 | Perkembangan Fisiologi Anak SD | PGSD006 | 3 | II |
17 | Model Pembelajaran SD | PGSD007 | 3 | II |
18 | Perencanaan Pembelajaran SD | PGSD008 | 3 | II |
19 | Desain Pembelajaran | PGSD009 | 3 | II |
Total | 24 sks | |||
20 | Sosiologi Pendidikan | PGSD010 | 3 | III |
21 | Kurikulum dan Pembelajaran | PGSD011 | 3 | III |
22 | Microteaching | PGSD012 | 3 | III |
23 | Ilmu Pendidikan | PGSD013 | 3 | III |
24 | Provesi Pendidikan | PGSD014 | 3 | III |
25 | Menegemen Pendidikan | PGSD015 | 3 | III |
26 | Sastra Jawa | PGSD016 | 2 | III |
27 | Evaluasi Pendidikan | PGSD017 | 3 | III |
Total | 23 sks | |||
28 | Pengembangan Diri Guru | PGSD018 | 3 | IV |
29 | Hak Azasi Anak | PGSD019 | 3 | IV |
30 | Statistik Pendidikan | PGSD020 | 3 | IV |
31 | Filsafat Ilmu | PGSD021 | 3 | IV |
32 | Pembelajaran Matematika SD | PGSD022 | 3 | IV |
33 | Pembelajaran IPA SD | PGSD023 | 3 | IV |
34 | Pembelajjaran IPS SD | PGSD024 | 3 | IV |
35 | Pendidikan Jasmani Dan Rekreasi SD | PGSD025 | 3 | IV |
Total | 24 sks | |||
36 | Pembelajaran PPKN Dan Pancasila SD | PGSD026 | 3 | V |
37 | Mapel SD Bahasa Indonesia | PGSD027 | 3 | V |
38 | Mapel SD Bahasa Jawa | PGSD028 | 3 | V |
39 | Tehnik Penulisan Karya Ilmiah | PGSD029 | 2 | V |
40 | Bimbingan Konseling SD | PGSD030 | 3 | V |
41 | Bahasa Inggris SD | PGSD031 | 2 | V |
42 | Metodelogi penelitian Kuantitatif | PGSD032 | 2 | V |
43 | Kewirausah an | PGSD033 | 3 | V |
Total | 21 sks | |||
44 | Administrasi Pendidikan | PGSD034 | 3 | VI |
45 | Pembelajaran Microtieching | PGSD035 | 3 | VI |
46 | Metode penelitian Kualitatif | PGSD036 | 2 | VI |
47 | Wawasan Budaya Nusantara | PGSD037 | 3 | VI |
48 | Yoga | PGSD038 | 2 | VI |
49 | Bahasa Sansekerta | PGSD039 | 3 | VI |
50 | Pratikum Sekolah | PGSD040 | 4 | VI |
51 | Metode bercerita | PGSD041 | 2 | VI` |
Total | 22 sks | |||
52 | Kuliah Kerja Nyata | PGSD042 | 4 | VII |
53 | Seminar Proposal Penelitian | PGSD043 | 2 | VII |
Sub Total | 6 | |||
54 | Skripsi | PGSD044 | 6 | VIII |
Sub Total | 6 | |||
Jumlah Total SKS Semester Ganjil | 70 | |||
Jumlah Total SKS Semester Genap | 76 | |||
Jumlah Total SKS | 146 |