Prodi Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu

Kaprodi: Widhi Astuti, S.Sn, M.Pd.H

Akreditasi: Download di sini

Visi:

“Menjadikan Program Studi Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan yang unggul, Mandiri, Cerdas, Tanggap Berbasis Kearifan Lokal di tahun 2025″

Misi:

  1. Mengembangkan proses pembelajaran dan bimbingan yang efektif, menyelenggarakan dan mengembangkan serta memotivasi kegiatan – kegiatan penelitian, dan mengembangkan kegiatan pengabdian pada masyarakat
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran seni dan budaya yang berorientasi pada jiwa dalam mengembangkan potensi terkait dengan seni dan budaya umat berwawasan global
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Seni dan Budaya berwawasan global.
  4. Mengembangkan kerjasama mutual dengan berbagai lembaga baik skala regional, nasional, maupun internasional dalam bidang seni dan budaya.
  5. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang transparan dan akuntabel.

Tujuan dan Strategi:

Tujuan:

  1. dapat menciptakan lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan kompetensi atau penguasaan bidang ilmu pendidikan seni dan budaya keagamaan Hindu yang holistik dengan menginternalisasi ragam keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional, hingga pada giliran berikutnya dapat mengantarkan bangsa ini pada puncak peradaban dunia.
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif di bidang Seni dan Budaya yang memiliki berjiwadan berwawasan global.
  3. Menghasilkan penelitian dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang seni dan budaya.
  4. Terjalinnya kerjasama akademik dan non akademik dengan berbagai lembaga untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Seni dan Budaya.
  5. Terwujudnya tata kelola program studi yang transparan dan akuntable.
  6. Bagian ini berisi profil lulusan program studi yang berupa profesi atau jenis pekerjaan atau bentuk kerja lainnya. Profil lulusan dilengkapi dengan uraian ringkas kompetensi seluruh profil yang sesuai dengan program pendidikan sarjana, dan keterkaitan profil tersebut dengan keunggulan atau keunikan program studi.

Strategi:

Terkait dengan strategi Program Studi Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu memiliki beberapa strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan yakni dengan memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan, mampu mengamati, menggali serta menalar, melakukan pendekatan terhadap berbagai masalah, sesuai dengan bidang. Menyusun renstra, menyiapkan renop, membuat buku panduan akademik, meningkatkan Mutu, memperbanyak kerjasama.

Profil Lulusan:

No Lulusan Deskripsi
1. Tenaga Pendidik Formal, Non-Formal, dan Informal Bidang Seni dan Budaya Keagamaan Hindu Adalah lulusan dengan kompetensi sebagai pendidik yang dapat menjalankan proses belajar mengajar di berbagai instansi  sekolah (SD, SMP, SMA, SMK /Sederajat), Pasraman, dan ruang-ruang belajar bidang seni dan budaya keagamaan Hindu lainnya yang dikelola secara profesional.

Lulusan dengan kompetensi pendidik  mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukup seputar materi seni dan budaya keagamaan Hindu, berikut konsep dan metodelogi pembelajaran, management dan teknologi mengajar, hingga cara-cara di dalam memahami dan mengevaluasi perkembangan peserta didik.

2. Tenaga Ahli Bidang Seni dan Budaya Keagamaan Hindu Adalah lulusan dengan kompetensi sebagai tenaga ahli atau staf yang dapat bekerja secara disiplin dan profesional di bidang seni dan budaya keagamaan Hindu pada instansi perkantoran.

Lulusan dengan kompetensi sebagai tenaga ahli, mempunyai kemampuan management administrasi yang cukup, analisa perkembangan seni dan budaya keagamaan Hindu, serta memahami langkah-langkah stategis di dalam upaya pemajuan seni dna budaya keagamaan Hindu.

3. Peneliti  Bidang Seni dan Budaya Keagamaan Hindu Adalah lulusan dengan kompetensi sebagai peneliti prihal penggalian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat bekerja secara disiplin dan profesional dalam sebuah proyek penelitian baik yang dilakukan secara rahasisa maupun  terbuka mengenai seni dan budaya keagamaan Hindu.

Lulusan dengan kompetensi sebagai peneliti sekurang-kurangnya telah menguasai metodelogi penelitian, teori atau pisau bedah penelitian, analisa dan pengolahan data, juga tehnik dan tata penulisan karya ilmiah.

4. Pengelola Potensi Seni dan Budaya Keagamaan Hindu Adalah lulusan dengan kompetensi sebagai pengelola ragam potensi seni dan budaya keagamaan Hindu, baik secara spesifik berposisi kreator seni, komposer, koreografer, perupa, aktor, dan konsultan bidang seni dan budaya terkait event seni dan usaha pemajuan kebudayaan di masyarakat.

Lulusan dengan kompetensi sebagai pengelola potensi seni dan budaya keagamaan Hindu mempunyai wawasan seni, managemen, skil dan kemampuan cipta karya.

Capaian Pembelajaran:

No Capaian Pembelajaran Sumber Acuan
I Aspek Sikap Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  1.     bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan  mampu menunjukkan sikap religious

2.     Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.     Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.     Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.     Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.     Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

II Aspek Pengetahuan  
  1.     Menguasai konsep dasar teoretik dan memiliki kemampuan profesional dalam beberapa cabang ilmu yang termasuk dalam rumpun ilmu pendidikan, seni, agama,dan Budaya

2.     Menguasai konsep pengetahuan dalam beberapa cabang ilmu yang termasuk dalam rumpun ilmu pendidikan, seni, agama,dan terapan yang masingmasing terkait dengan lingkup tugasnya di bidang pendidikan seni dan Budaya Keagamaan Hindu

3.     Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, metode penelitian dalam beberapa cabang ilmu yang termasuk dalam rumpun ilmu pendidikan, seni, agama, dan budaya khususnya 15 yang berorientasi pada kecakapan hidup

4.     Menguasai pengetahuan factual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan seni dan Budaya Keagamaan Hindu

5.     Menguasai prinsip, konsep dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran

6.     Menguasai konsep pengetahuan dalam bidang pendidikan seni dan Budaya Keagamaan Hindu.

7.     Menguasai pengetahuan factual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu penelitian.

8.     Mampu mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan, khususnya manajemen pendidikan berbasis sekolah di Sekolah dalam aktivitas pendidikan atau pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien

 
III Aspek Keterampilan Umum Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  1.     Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontekspengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2.     Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.     Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

4.     Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.     Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.     Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.     Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8.     Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9.     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

IV Aspek Keterampilan Khusus  
  1.     Memiliki kemampuan pedagogik terkait dengan lingkup pembelajaran dalam Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu

2.     Mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran yang saintifik, inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan dan memotivasi baik kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu

3.     Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;

4.     Mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif pemecahan masalah pembelajaran dalam Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu.

5.     Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

6.     Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah bidang pendidikan, seni, agama, dan terapan, yang terjadi pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, tingkat usia.

7.     Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.

8.     Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal dan intrapersonal yang produktif.

 

Kurikulum:

No. No. Urut Dalam Semester Mata Kuliah Kode Mata Kuliah SKS Muncul Pada Semester
1 1 Kewarganegaraan NAS001 2 I
2 2 Pendidikan Agama NAS002 2 I
3 3 Bahasa Indonesia NAS003 2 I
4 4 Pancasila NAS004 2 I
5 5 Dasar – Dasar Pendidikan SBH001 2 I
6 6 Bahasa Inggris SBH015 2 I
7 7 Aplikasi Komputer SBH032 2 I
8 8 Wawasan Seni dan Budaya Keagamaan SBH033 2 I
9 9 Praktik Karawitan  Jawa SBH038 3 I
Sub Total   19
10 1 Weda INS001 2 II
11 2 Gerak Dasar Tari SBH002 3 II
12 3 Pengembangan Kurikulum SBH009 2 II
13 4 Kritik Seni dan Budaya SBH014 3 II
14 5 Filsafat Ilmu SBH017 3 II
15 6 Metode penelitian Kualitatif SBH018 2 II
16 7 Dasar- Dasar Seni Kriya SBH026 3 II
17 8 Praktik Iringan Tari SBH031 3 II
Sub Total 21
18 1 Tatwa INS002 2 III
19 2 Strategi dan Evalusi Pembelajaran Seni SBH003 3 III
20 3 Tinjauan Seni Rupa Nusantara SBH007 3 III
21 4 Metode penelitian kuantitatif SBH025 2 III
22 5 Ekonomi Kreatif SBH013 3 III
23 6 Filsafat Seni SBH016 3 III
24 7 Micro Teaching SBH019 2 III
25 8 Konsep Pendidikan Seni SBH035 3 III
26 9 Bahasa Jawa INS005 2 III
Sub Total 23
27 1 Psikologi Seni SBH012 2 IV
28 2 Silang Gaya Karawitan SBH037 3 IV
29 3 Praktik Tari Tradisi Gaya Surakarta SBH039 3 IV
30 4 Estetika SBH006 3 IV
31 5 Praktik Tari Tradisi Gaya Yogyakarta SBH044 3 IV
32 6 Susila INS003 2 IV
33 7 Metodelogi pembelajaran seni SBH034 3 IV
34 8 Sistem penotasian karawitan SBH010 3 IV
Sub Total   22
35 1 Tata Teknik Pentas SBH022 3 V
36 2 Koreografi Tari SBH005 3 V
37 3 Evaluasi Pendidikan SBH027 2 V
38 4 Tembang SBH011 3 V
39 5 Teknik Penulisan Karya Ilmiah SBH020 2 V
40 6 Tari Nusantara SBH029 3 V
41 7 Teknologi Pembelajaran Seni SBH036 3 V
42 8 Magang SBH045 3 V
Sub Total 22
43 1 Acara Agama Hindu INS004 2 VI
44 2 Antropologi Budaya SBH008 2 VI
45 3 PPL SBH023 3 VI
46 4 Pengetahuan HAKI SBH030 3 VI
47 5 Analisa seni pertunjukan Sakral SBH040 3 VI
48 6 Apresiasi Seni dan Budaya Keagamaan SBH041 3 VI
49 7 Tata rias dan busana adat SBH042 3 VI
50 8 Seni Kriya SBH046 3 VI
Sub Total 22
51 1 KKN SBH024 4 VII
52 2 Seminar Proposal Penelitian SBH028 2 VII
53 3 Managemen Seni Pertunjukan SBH043 2 VII
54 4 Praktik karawitan Bali SBH004 3 VII
Sub Total 11
55 1 Skripsi SBH021 6 VIII
Sub Total 6
Jumlah Total SKS   146